Utak-atik Windows Dengan GPedit.msc

Selain melalui Registry Editor (Regedit) ada cara lain untuk mengutak-atik Windows, yaitu dengan Group Policy (gpedit.msc). dengan GPedit kita bisa mencegah wallpaper diganti-ganti, menyembunyikan Folder option, memblokir suatu software, dll.

Dibandingkan dengan Regedit, tampilan gpedit lebih user friendly. Cara penggunaan gpedit juga sangat mudah karena kita hanya mengganti properties suatu objek dengan 3 pilihan yaitu Not Configured, Enabled, dan Disabled. Jangan takut kalo nanti settingannya salah, karena akan muncul penjelasan apa yang akan terjadi kalo kita pilih salah satu dari ketiga pilihan tadi.

Ada Penjelasannya

Ada Penjelasannya

Untuk mengaktifkan Group Policy cukup masuk ke RUN lalu ketikkan gpedit.msc terus klik OK

Tampilan Global Policy

Berikut ini beberapa contoh yang bisa dilakukan dengan GPedit

1. Mengunci Wallpaper
User Configuration -> Administrative Templates -> Control Panel -> Display -> Prevent Changing Wallpaper (pilih enabled)

Wallpaper masih bisa diganti lewat software ACDSee, untuk mencegahnya
masuk ke Registry Editor (ketik REGEDIT di RUN)
HKEY_CURRENT_USER -> Software -> ACD System -> ACDSee -> DisableWallpaper (Ubah value data jadi 01)

2. Menyembunyikan Folder Options
User Configuration -> Administrative Templates -> Windows Component -> WIndows Explorer -> Removes the Folder Options menu item from the tools menu ( pilih enabled)

3. Limit Reservable Bandwidth (Untuk koneksi internet)
Computer Configuration -> Administrative Templates -> Network -> QoS Packet Scheduler -> Limit Reservable Bandwidth (Pilih Enabled, lalu ubah bandwidth limit dari 20 ke 0)

4. Memblokir Program (untuk contohnya program Winamp.exe)
User Configuration -> Administrative Templates -> System -> Don’t run specified windows applications (Pilih enabled, lalu klik tombol SHOW.. -> klik ADD..ketikkan Winamp.exe -> klik OK)

5. Masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan Group Policy, yang perlu diperhatikan dalam meggunakan Group Policy adalah jangan sampai lupa lokasi settingan yang sudah diubah, karena di GPedit banyak folder dan subfolder yang membingungkan. SELAMAT MENCOBA

+
+
FootNote: Baru ngetik segini aja mata udah cape, gimana ngga capek wong gambar di monitornya sering rusak (1/3 bagian monitor bagus, 2/3 sisanya bergaris-garis ngga jelas)
Song: Tanpopo# – Akai Sweet Pea “Suka banget lagu ini D: “

56 Tanggapan to “Utak-atik Windows Dengan GPedit.msc”

  1. Hoohooo.. keren infona, thanks

  2. KangBoed Says:

    thanks infona yaaaa
    Salam Sayang

  3. Wahhh!!!!

    Bingung ngomentarinnya.
    Bahas soal IT sich.

    he..he..^-^

  4. @ZonS dan KangBoed
    Terima kasih kunjungannya😀

    @Elrangga
    Terima kasih juga, tapi tenang Lapak ITnya elrangga ngga bakal kegusur😆
    ini cuma selingan.

  5. @erlangga n kyuutaro: tenang aja, ga pa pa bikin topik IT dua2nya, buat nambah2 ilmu, ntar yg paling bagus tinggal sy copy paste buat blog sy yg lain, wkkkkk…😆
    *asli just kidding*

  6. @ZonS
    Wkwkwk…yang punya lapak IT di Blogspot dateng lagi.

    namanya juga blog Campursari, jadi isinya Campuraduk😀

  7. Hallo Kyuu… kenalin gue…
    Boleh tanya… apa bisa gue ikutan di forum wordpress.com ? Tapi aku warga wordpress.org. Kalo bisa gimana caranya ?

  8. @kuz09
    Nah lo…gw bingung di tanya beginian
    tar dulu….

    Bisa aja, diforum itu juga banyak yang dari WP.org, yang dari blogger/blogspot juga ada.

    Cara daftarnya kalo ngga salah harus bikin blog baru di http://en.wordpress.com/signup/
    itu buat daftar aja, blognya ngga usah diurus, terus link di namanya pake alamat blog WP.org kamu.

  9. thanks!!

  10. Deany Irawan Says:

    Haloo kiyuuut tolongin aa dong yang lagi bingung nih, ketika kita masuk Gpedit.msc terus muncul user configuration terus administative template kok ga muncul network nya yah??????biasanya kan ada tuh yang untuk kita bisa seting jaringan supaya ga di utak atik sembarangan…tolongin dong kiyuuut apa ada windows yang korup atau ahh….aa kehabisan akal balasin yah atau kirim pencerahannya lewat email ke deanyirawan@yahoo.com (cat.muncul networknya ga lengkap propertinya)

  11. Wah belum pernah kejadian kaya’ gitu.
    tapi saya bantu googling aja😀

    http://jaisantonyk.wordpress.com/2008/11/19/missing-itemsfolders-in-group-policy-editor/
    1. Goto Start > Run, and type in gpedit.msc.
    2. Right-click on User Configuration > Administrative Templates.
    3. Click on Add/Remove Templates… in the pop-up menu.
    4. Click the button Add… in the dialog box.
    5. In the file open dialog box named Policy Templates, select system.adm, and click the Open button.
    6. You will now see the missing items/folders.
    7. Congratulations!!! You’ve secured the perimeter.

    lainnya
    http://forums.techguy.org/windows-nt-2000-xp/681847-solved-gpedit-missing-items.html

    Semoga masalahnya bisa selesai😀

    (cat.muncul networknya ga lengkap propertinya)

    Maksudnya apa? sebenernya folder networknya ada apa ngga?

  12. kang agus Says:

    sorry kalo comentku dimana aja yang jelas aq mucapin thank dah berkunjung ke blog baruku..keep the best my friend nice to see u again you make me spirit..

  13. Lagi belajar otak – atik windows nih……….

    thanks ya dah ngasi ilmu……..!

  14. fredricbernard Says:

    nice info nich bermanfaat juga buat masa depan

  15. senang dengan utak atik anda, kalo bisa belajar lebih dari anda

  16. saya ingin bertanya, bagaimana caranya apabila gpdit.msc di run tidak ada dan tidak bisa saat diketik gpdit.msc>enter
    yang ada hanya ada msconfig.terima kasih

  17. @adhe
    Itu berarti komputer kamu kena virus…
    Scan dulu pake Norman malware cleaner lalu scan lagi dengan antivirus

    NB: karena komputer saya juga senasib sama kamu, tapi belum ada waktu buat betulin😆

  18. salam kenal buat kyuutaro, tolong tambah lagi dong postingan gpedit nya. biar seru, makasih atas infonya.

  19. maf sebelumnya, kok di blog kyuutaro ga materi lainnya, cuman ada materi gpedit.msc aja. mo nyari materi lainnya ga ada. apa komputer ana yang lagi eror, atau emang materinya belum dilengkapin.

  20. @ Mulyadi
    Mohon maaf sebelumnya😀
    Blog ini cuma berisi sharing pengalaman, hal-hal yang saya tau dan apa saja yang ingin saya tulis, jadi isinya campur aduk.

  21. tapi… khan buat user2 jahil (misal komputer dipake banyak orang) contohnya saja mengunci wallpaper, kalo ada orang lain mau ganti ya… tinggal lakukan hal yang sama…. jadin tinggal SQIL nya yang diadu di WINDOWS. bravo hacker windows, terus berjuang ungkap rahasia Perusahaan MICROSOFT… yeahh

  22. Kalau untuk komputer yang menggunakan windows japan kok nggak bisa keluar yah group policy nya padahal dah diketikkan gpedit.msc kira kira pake tulisan apa yah untuk yang windows xp japan??

  23. Lw caranya Mendisable Date and Time Lewat gpedit.msc bisa g ? ? Makasih

  24. ck..ck..ck..mo bikin kopi dulu.trus beli sebungkus rokok..soale bakalan lama nih nongkrong di blog ni…nambah nambah ilmu..thanks ya…tetep bagi bagi ilmunya..jangan brhenti…semangat..hehehe..itung itung amal ngajarin newbie2 kyak aku..thanks skali lagi….

  25. kyuu… lam knal yahhh🙂
    aku mo buka Game Net… tp aku mau setting di layar monitor hanya icon2 game aja… alias ga bisa buka yg lain (Just Icon). Help me kasih tau cara settingannya…. Thank’s sebelumnya. ….>>> lucky_azka@yahoo.com

  26. hii..
    aku masih awam neh..
    mo tny donk,,walpaper komp ku ga bsa d ganti..seperti di block gtu..
    apa ada cara na biar bsa aktifin lagi walpaper na??
    thx

  27. thx bgt…gw ud tau nih trick2…tp gw bgg tiba2 didalem ‘administrative templates’ kok cm ada ‘windows components’ aj…tp stlh baca komentar u akhirnya muncul jg…hehe
    thx

  28. Maaf, aku mao nanya, waktu aku otaj – atik gp edit yang don’t run specified windows application saya enabled terus saya add lalu saya ketikan GOM.exe, setelah itu saya ok. kok malah semua aplikasi gak bisa dibuka ya ? gmana dunk, coz nie penting banget. tolong di jawab ya …

  29. Maaf Semuanya baru nge-reply, maklum online dari warnet😛

    @azka
    kalo itu gimana yaa…
    mungkin bisa pake cara gini
    1. buat ikon di desktop hanya ikon game (win explorer, My document, My komputer dll di non aktifkan)

    2. terus, blokir menu All Program dan control panel di menu start dengan Gpedit.msc (cari sendiri ya settingannya😀 kalo bingung tanya lagi)

    3. terakhir disable klik kanan di desktop dengan GPedit.msc.
    (masih belum dicoba😛 )

    @Ady
    Tapi masih bisa dibalikin lagi kan??? setelah itu ulangi lagi😛 .

    kebetulan dikomputer saya ngga ada gom player, tapi saya coba winamp.exe berhasil tuh. mungkin nama file aslinya bukan gom.exe (mungkin)😛

  30. saya blm tahu benar ttg komputer alias gaptek.saya mohon utk dibimbing dlm utak_atik komptr.thanks

  31. saya blm paham betul ttg komputer alias gaptek.saya mohon utk dibimbing dlm pengoprasian nya.thaks

  32. hebat euiiiiii………….ada lagi ga sob

  33. teh leh gabung ya…. saya mo nanya teh klo munculin folder option di explorer gimana????

    ====kyuutaro
    ilangnya kenapa?
    coba aja pake cara menghilangkan folder option diatas dan ganti jadi disabled

  34. thx atas infonya!
    tapi gini, q pake windows 7 terus q buka run>> gpedit.msc, tapi koq ga bisa
    kira2 apannya yg salah…? please d jwa…!

  35. Infonya bagus….!!!
    kapan2 posting tentang DOS command prompt donk…,
    Gue suka bgt tu ama DOS…salam IT

  36. thaks all informasi nya keren bgt sich

  37. gimana caranya merubah/edit gpedit.msc melalui Bat file or script, jadi tidak secara manual/langsung, seperti klo kita edit lewat Registry cukup lewat text file, makasih..

  38. mwnya ngutak atik gpedit.msc tapi gimanaaaaaaaaaaaa…..???? wong itu gpedit.mscnya g mw muncul menunya.

  39. yang di maksud dijid adalh apakh 100% di bagi jumlah cliennnya

  40. tambah lagi dong yang banyak dan variatif kalo bisa gali terus. gimana caranya stagnanin (buat hank) komputer biar gx bisa di pake orang dan solusinya. thank’s

  41. Rafans Manado Says:

    Tabea…. Trims infonya. Salam kenal.

  42. brow bantu dong usb port saya jadi tidak berfungsi ada tulisan USB Device Not Recognized semua port tidak berfungsi tapi kalau dipakai printer dia fungsi seperti biasa….bantu dong sudah prustasi nih

  43. @Deany
    kalo itu kemungkinan port USB-nya yang rusak,
    Di Motherboard saya yang lama juga ada satu port yang seperti itu, sebaiknya jangan dipake buat flashdisk nanti data flashdiscnya bisa ilang.

    saya ngga tau cara betulinnya, dulu sih saya biarin aja soalnya masih ada port yang lain😛

  44. kk kyutaroo, tolong jelasin semua dong tentang fungsi masing2 di gpedit.msc, itu kan banyak sekali dan aqu blum ngerti about all.

  45. sory mo nanya nich aku pake windows 7-64 bit terus q buka run>> gpedit.msc, tapi koq ga bisa, malah ada tulisan bahwa windows tidak dapat menemukan gpedit.msc,terus minta penulisan kata yang benar
    kira2 apannya yg salah…? please d jwa…! aku tunggu brow, thanks…

  46. gpedit.msc tidak akan jalan di window modif juga window 7 busines home

  47. yang ingin utak atik window lebih baik gunakan tuneup utilities,apa bila terjadi eror kita bisa default kan lagi,ini buat pemula..

  48. di windows 7 home premium gak akan ada gan, cuma untuk w7 utli sama w7 professional (old ver)

  49. gan, buka gpedit selaen lewat menu run bisa gak?
    menu run ane di winsows 7 kgk mau, abis kena virus jadi didisable. T.T

  50. kakak kok buat bandwith nya gak berfungsi

  51. Iqbal yuza Says:

    makasih, muach

  52. cara rubah nama gpedit biar org lain ga bisa otk atik bagaimana??thks..

  53. kalau kita ingin merubah benwich nya gmn caranya? kan biasanya benwich nya 20% nah aku ingin merubahnya dengan 1 %…gimana caranya???

  54. gpedit tidak bs muncul,solusinya bagaimana?

  55. Oom, GPEDIT di komputer saya cuma muncul Windows Template, sub foldernya “Windows Media Player” & “windows update” aja. Lainnya kyk network dan kawan-2 g ada. Pencerahan dunk oom…

    Makasih ya

  56. Waduh gan help me… Stelah ane ikutin cara agan diatas kok jd semua aplikasi di komputer gak bs dibuka termasuk Run-nya jg setiap kali double klik muncul ” this operation has been cancelled due to restrictions in bla bla bla..”
    Gimana ni gan please help me

Tinggalkan Balasan

