Bunyi ‘curut’ di motor Jupiter MX

MX-ku dulu sering mengeluarkan suara yang ‘tidak senonoh’, tapi ternyata bukan saya aja yang ngalamin, banyak MX Rider lain yang MX-nya mengeluarkan suara aneh dan biasanya disebut suara ‘curut’ karena suaranya mendecit seperti Curut.

Suara curut ini biasanya keluar kalo motor sudah dalam keadaan panas/ lama dipakai dan hanya terdengar kalo mesin sedang idle. Jadi dulu sering kalo dilampu merah merasa risih karena suaranya nyaring banget. untuk menutupinya biasanya kalo sedang di lampu merah gas saya tarik sedikit.

Ada yang bilang kalo Waterpump-nya harus diganti.
Tapi beberapa waktu lalu saya ke bengkel tidak resmi, saya minta air radiator dikuras. waktu montirnya ngeliat tangki recovery radiator MX-ku katanya isinya kepenuhan dan itu menyebabkan mesin cepet panas. Emang sebelumnya saya pernah ngisi tangki recovery sampe penuh karen saya kira semakin banyak air radiator semakin baik, tapi ternyata salah.

Setelah isi tangki dikurangi sesuai batas di tangki bunyi curutnya udah jarang keluar lagi, sekarang bunyinya cuma pada awal motor dijalankan itu juga jarang dan kalau sudah lama dijalankan justru hilang sendiri itu suaranya.

=====Update!
Setelah beberapa minggu ternyata bunyinya keluar lagi, mungkin satu-satunya cara emang harus ganti Waterpump assy

19 Tanggapan to “Bunyi ‘curut’ di motor Jupiter MX”

  1. Tau banget soal motor yo kayake??? Kalo model2 Honda enak atau ndak???

    ====kyuutaro
    Halah, justru saya ‘buta’ sama sekali masalah motor, sekarang lagi nyari ‘ilmu motor’ di forum MXRIDER.or.id supaya ngga dibodohin lagi sama orang bengkel😆 .

  2. MX 2006 SERING OVERHEAT NGAK SIEH

    ====kyuutaro
    MX saya juga tahun 2006, tapi saya kurang tau juga sering overheat apa ngga, kamu gabung aja di http://mxrider.or.id

  3. Ne q punya mx thn.05… Suarax mesinx sekarang kemeletek..dah q bwa ke bengkel resmi..katanya “biasa itu emang suarax mx” buat raidermx yg pernah mengalami masalah serupa…kasih tw solusix…

  4. anzar kurniansyah Says:

    tolong dong kasih tau masalah motor mx di kick starter sering ngeloss????
    plisss kasih tw gan!!!

  5. sm mtor aq MX ada suara Ngik”g jelas,, mlh skrng mogok g bs di tarik gas nya,,,, ukh yg taw tlng dong,tu mtr troubel nya di mn…??

  6. Untuk semua yang punya masalah sam MX-nya, saya ngga bisa ngasih solusi walaupn motor saya udah ngga bunyi aneh lagi [ngga tau kenapa]😛

    mungkin anak-anak MX-rider bisa bantu
    http://mxrider.or.id/x1/

  7. klo w mah ngak..
    klo motor dah jalan diatas 80 pasti da suarannya yg gak jelas gitu napa yah

  8. Aulia Ardianto Says:

    Salam kenal bro2 semua, Mmm saya jg punya masalah dgn bunyi curut di mx, jadi klo emang waterpump assy yg bermasalah apakah harus diganti satu set atau hanya bagian yang berputar seperti bearing dan kincirnya? ya, btw ini skema jeroan waterpump assynya bro http://imageshack.us/f/72/yzfr125sm6.jpg/

  9. w juga menimbulkan suara kaya gitu kira2 pemecahan yg tepat harus diperbaikin di bagian mana ya

  10. tolong dong kasih tau masalah motor mx di kick starter sering ngeloss????
    plisss kasih tw gan!!!

    klo ane sih setelan kopling’a ane ubah, itu tuh yg di atas blok mesin…………

  11. gua baru ganti radiator jup mx, plus air radiator baru, kalo di bawa pelan pake gigi gede cepat overheat… kenapa ya? dibantu ya!

  12. saya pnya mx tahun 2005….tapi g ada masalah sama sekali…cuma bunyi kuk…kuk…kuk ciri khas mx ajah …jarang ganti oli jarang ganti air radiator juga arang servis….mungkn karena sering di bawa perjalanan jauh jadi mesinnya jadi bandel

  13. saya juga punya Jupiter MX CW 2006,nah kebetulan kemarin saya make motor tersebut,terdengar suara brisik dari mesin,pas aku tanya ketemen katanya suara tersebut muncul dari Mesin Radiator bukan dari ring sekhernya,apa benar begitu..? minta solusi

  14. mas numpang tanya…
    cara masuk ke situs mxrider.or.id gimana ya saya uda coba pake pc ama pake hp tp gagal terus this URL invalid…
    mohon prncerahan nya…
    trims regard…

  15. Mas, itu bunyi “curut” nya hilang setelah penggantian Waterpump Assy ya?
    Berapa ya harga barangnya?
    Soalnya Mx Saya juga mengalami masalah yang sama.

  16. Bunyinya ilang mas stlah ganti waterpump ? Kondisi motor saya jg sama nih mas, bunyi curut.. Makin lama klo panas mkin kenceng klo lg idle…

  17. q punya jupiter mx thn 2009, sma bunyi kyak curut,suara dpompa radiator cit,cit, cit,msin panas mkin kenceng suaranya, gmn solusi terbaikny

  18. itu seal pump radiatornya wajib diganti gan, kalo enggak jebol masuk ke mesin air radiatornya.saya udah buktiin

  19. harga seal waterpump 137 rb

Tinggalkan Balasan

