Kipas VGA Card dengan WD 40 !

Siang tadi waktu lagi menggunakan komputer, tiba-tiba komputer ngehang. dan setelah saya restart computer tidak mau boot. beberapa kali di restart masih ngehang juga. lalu computer saya matiin beberapa lama lalu saya nyalain lagi.
Komputer bisa boot tapi beberapa saat kemudian ngehang lagi.

Dulu juga pernah kejadian mirip kaya ini, waktu itu masalahnya di kipas prosesor yang mati
kalo sekarang saya curiga sama kipas VGA, dan ternyata benar kipasnya mati.

Saya berfikir kalo cuma kipasnya doang mungkin masih bisa dibetulin dan ngga perlu beli VGA Card baru, lagipula saya lagi ngga punya duit Hehehe.
Mungkin karena udah lama dan banyak debu yang menempel jadi berat muternya tuh kipas.

Akhirnya VGA Card saya lepas dari motherboard, lalu bongkar kipasnya, bersihin debu-debunya, tapi masih berat juga muternya.
lalu saya coba semprotin cairan WD 40. WD 40 adalah cairan yang berfungsi sebagai penghilang karat, biasanya digunakan untuk menghilangkan bunyi derit yang dihasilkan karat atau memisahkan sesuatu yang menempel karena karat.
Sebenernya saya takut menggunakan WD 40 di peralatan electronik, takut terjadi korslet listrik. Tapi daripada beli VGA Card baru mending dicoba dulu.

Setelah disemprot dan menunggu beberapa saat, Saya Lap kipasnya agar tidak terlalu basah karena kalo basah debu akan mudah menempel.
Saya test dengan meniupnya dan Baling-balingnya sudah berputar dengan lancar.

Kipaspun dipasang kembali di Motherboard, komputer dinyalakan, Alhamdulillah ngga terjadi koslet listrik, boot lancar, dipake lebih dari 3 jam tidak Hang lagi…

Saya masih belum tau berapa lama bisa bertahan, soalnya baling-balingnya dan bagian dalam kipas tidak kering sempurna jadi Debu mudah menempel. dan kalo sudah banyak debu akan lebih sulit membersihkannya.

Semoga bisa bertahan sampe ada duit buat beli VGA Card barušŸ˜›

3 Tanggapan to “Kipas VGA Card dengan WD 40 !”

  1. sitidjenar Says:

    mesti di uji 2×24 jam (gak pake wajib lapor) tuh biar yakin… ide bagus tuh untuk pake wd40nya…

    ====Kyuutaro
    Udah lebih dari 2X24 jam masih lancaršŸ˜®

  2. Konslet hanya terjadi oleh air, WD40 basisnya minyak, tentunya tidak apa2. Hanya saja pengaruh WD40 terhadap plastik bagaimana…

  3. masalahku lain lagi.. bunyi kipas VGA seperti bunyi pesawat Jat…
    aku sampai bingung,, apa itu gk apa2 sob ????

Tinggalkan Balasan

